Rabu, 03 Oktober 2012


PENGUKURAN PANJANG

Tujuan:
  • Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

Alat:
  • Tangan
  • Penggaris
  • Meteran

Langkah Kerja!
  1. Berkumpullah dengan anggota kelompokmu! Setiap kelompok beranggotakan 4 orang!
  2. Pelajarilah gambar di bawah ini untuk memahami satuan jengkal, telapak, dan lengan!
  1. Ukurlah panjang 6 benda yang tertulis dalam Tabel 1 dengan menggunakan satuan yang telah ditentukan! Pengukuran dilakukan oleh setiap anggota kelompok! Catatlah hasil pengukuran kalian ke dalam Tabel 1!
  2. Ulangi langkah 3, tetapi menggunakan penggaris atau meteran. Catatlah hasil pengukuran kalian dalam Tabel 2!
  3. Jawablah pertanyaan dalam LKS berdasarkan hasil eksperimen kalian!

Hasil Pengamatan
Tabel 1. Hasil Pengukuran dengan Satuan Tidak Baku
Benda yang diukur
Satuan
Hasil Pengukuran Setiap Anggota Kelompok

  1. Dhanu
  1. Fathan
3. Dihak
4. Hasan
Panjang Bangku
Jengkal
3,5
3,8
Panjang Buku Catatan
Telapak
2 1/4
2 1/4
3
Lebar Pintu
Lengan
3 1/2
3 1/4
4 1/4
Panjang Papan Tulis
Jengkal
13
12
14
Panjang Meja Guru
Telapak
14
12 1/2
16,5
Lebar kelas
lengan
13
15
15.5

Tabel 1. Hasil Pengukuran dengan Satuan Tidak Baku
Benda yang diukur
Satuan
Hasil Pengukuran Setiap Anggota Kelompok

  1. Dhanu
  1. Fathan
  1. Dihak
  1. Hasan
Panjang Bangku
cm
68
68
Panjang Buku Catatan
cm
21
21
21
Lebar Pintu
cm
149
149
149
Panjang Papan Tulis
cm
234
234
234
Panjang Meja Guru
cm
119
119
119
Lebar kelas
cm
564
564
564
Pertanyaan dan Kesimpulan:
  1. Amatilah hasil pengukuran satuan tidak baku (pada tabel 1). Apakah terdapat perbedaan ukuran? Menurutmu, mengapa hal itu bisa terjadi? Jelaskan! Masih karena lengan kita masih berbeda
  2. Amatilah hasil pengukuran dengan menggunakan alat ukur baku (pada tabel 2). Apakah terdapat perbedaan ukuran? Menurutmu, mengapa hal ini bisa terjadi? Jelaskan! Tidak karena sudah memakai satuan internasional yang di sebut penggaris
  3. Sebutkan keuntungan dan kerugian jika kita menggunakan alat tubuh (misalnya lengan, telapak tangan, jengkal) untuk melakukan pengukuran!Kerugiannya ukuranya berbeda-beda, Keuntungannya bisa mengukur panjang atau lebar suatu benda
  4. Sebutkan kesulitan-kesulitan yang akan terjadi jika Kalian menggunakan satuan tidak baku dalam melakukan pengukuran!hasilnya akan berbeda-beda tetap bisa mengukur
  5. Sebutkan contoh-contoh penggunaan satuan baku dalam kehidupan sehari-hari! Penggaris,meteran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar